Sabtu, 25 April 2009

SEBENARNYA APAKAH EFEKTIF UAN ITU???

UAN SMA kini telah usai,tapi masih saja masih hangat untuk diperbincangkan. Mengapa selalu saja UAN menjadi topik yang hangat?? Apakah tolak ukur kelulusan pelajar SMA selama mereka menempuh pendidikan selama 12 tahun harus,dihitung dari UAN?? Mengapa banyak sekali kecurangan?? Apa karena untuk reputasi sekolah dan meluluskan semua siswa??
Kemarin saya melihat berita tentang kecurangan suatu sekolah yang membenarkan lembar jawaban siswa agar mereka dapat lulus semua dan mendapat nilai yang memuaskan. Tapi apakah ini yang dimaksud untuk menaikkan mutu bangsa kita? Huugh...Memang inilah yang terjadi pada bangsa kita,krisis moral. Miris sekali jika ini terus terjadi pada bangsa kita,yang konon UAN sebagai tolak ukur mutu pendidikan tapi dibuat ajang kreativitas kecurangan para murid,guru maupun sekolah. Seharusnya UAN itu digunakan seefektif mungkin agar benar-benar menjadi tolak ukur pendidikan bangsa kita. Bukan sebagai ajang kecurangan. 

1 komentar:

  1. UAN...hiiiii sangat menakutkan. sebenarnya tujuan pemerintah itu bagus dengan adanya UAN tapi berhubung sekolah-sekolah blom siap jadinya ya seperti sekarang ini banyak kecurangan dimana-mana. tapi memang aneh koq pemerintah ini, setiap sekolah kan meiliki kualitas yg berbeda-beda, fasilitas yg beda-beda pula tapi saat menguji kelulusan standartnya sama, kualitasnya sama. hal seperti ini sangat menguntungkan bagi sekolah favorit yg memiliki fasilitas lengkap terus bagaimana dengan siswa yang ada dipedalaman ???????????????

    BalasHapus