Minggu, 29 Maret 2009

TUBAN





TUBAN adalah kota kecil yang cukup sejahtera. Kota ini terletak di pulau Jawa dan terletak Jawa  Timur. Kota yang kecil ini mempunyai luas sekitar  1.904,70 km².Dan memiliki penduduk sekitar 1 juta jiwa.

  Kabupaten Tuban terdiri dari 20 kecamatan yaitu:
Widang.  Kini Tuban dipimpin oleh ibu Heny. 
   Kota Tuban memiliki asal usul dalam beberapa versi yaitu yang pertama disebut sebagai TU BAN yang berarti waTU tiBAN (batu yang jatuh dari langit) yaitu batu pusaka yang dibawa oleh sepasang burung dari Majapahit menuju Demak, dan ketika batu tersebut sampai di atas Kota Tuban, batu tersebut jatuh dan dinamakan Tuban. Adapun versi yang kedua yaitu berarti meTU BANyu berarti keluar air, yaitu peristiwa ketikaRaden Dandang Wacana (Kyai Gede Papringan) atau Bupati Pertama Tuban yang membuka Hutan Papringan dan anehnya, ketika pembukaan hutan tersebut keluar air yang sangat deras. Hal ini juga berkaitan dengan adanya sumur tua yang dangkal tapi airnya melimpah, dan anehnya sumur tersebut dekat sekali dengan pantai tapi airnya sangat tawar. Ada juga versi ketiga yaitu TUBAN berasal dari kata 'Tubo' atau Racunyang artinya sama dengan nama kecamatan di Tuban yaitu Jenu.
Tuban ini dahulunya mempunyai pelabuhan yang sangat besar. Nama pelabuhan itu sama dengan museum di Tuban yaitu KAMBANG PUTIH. Tahukah anda dimana pelabuhan itu??
Pelabuhannya terletak di BOM BEACH...yang sekarang sudah rusak dan penuh sampah. 
Selain itu dahulu Tuban pernah berperan penting dalam melawan penjajah. Sayang,sekarang Tuban tidak sepenting lagi bagi Indonesia. Kini Sudah mulai pupus seiring berjalannya waktu.


1 komentar:

  1. kalo Tuban gak bisa jadi yang penting,itu artinya Tuban kurang bisa memberikan yang terbaik...
    Makanya,,qta harus bangkit dan tunjukkan TUBAN tetap jaya

    BalasHapus